Kamis, 19 Maret 2015

Jenis-jenis dialog UAC

Dalam fitur User Account Control (UAC) terdapat empat tipe dialog (elevation prompt) yang muncul pada saat anda menjalankan program yang membutuhkan hak administratif (administrative rights). Tujuan Windows menampilkan dialog ini adalah untuk memberi informasi kepada anda tentang program yang meminta ijin untuk melakukan hal-hal yang hanya bisa dilakukan oleh administrator, seperti menginstal program/driver atau mengubah konfigurasi sistem. Informasi ini akan membantu anda untuk menentukan apakah program tersebut berbahaya atau tidak.

Masing-masing dialog UAC dibedakan berdasarkan warna dan ikonnya. Mekanisme yang digunakan Windows untuk menentukan tipe dialog UAC yang akan dimunculkan adalah dengan memeriksa digital signature program yang akan dijalankan.

Digital signature adalah semacam stempel elektronik yang dibuat oleh produsen program untuk ditambahkan ke dalam file program tersebut. Dengan adanya digital signature di sebuah file program maka anda dapat memastikan bahwa file tersebut tidak mengalami perubahan sejak pertama kali file tersebut distempel. Anda dapat memeriksa digital signature dari sebuah program dengan mengikuti langkah-langkah dalam gambar di bawah ini:


Berikut adalah tipe-tipe dari dialog UAC.

Latar belakang berwarna biru dengan ikon shield berwarna biru dan emas


 

Bila dialog ini muncul berarti program yang anda jalankan tidak berbahaya karena dialog ini hanya muncul bila programnya adalah bawaan dari Windows sendiri.

Latar belakang berwarna biru dengan ikon shield berwarna biru



Dialog ini akan muncul bila digital signature program yang anda jalankan dapat diverifikasi oleh Windows. Pada umumnya program yang menyebabkan dialog ini muncul tidak berbahaya, namun anda tetap harus memastikan bahwa program ini adalah yang ingin anda jalankan.

Latar belakang berwarna kuning dengan ikon shield berwarna kuning



Dialog ini akan muncul bila program yang dijalankan tidak memiliki digital signature, atau digital signature-nya tidak dapat diverifikasi oleh Windows. Bila dialog ini muncul maka anda harus waspada akan kemungkinan anda menjalankan program yang berbahaya. Satu cara yang dapat anda lakukan untuk memastikan ini adalah dengan memeriksa apakah program tersebut memiliki digital signature yang tidak validseperti pada gambar di bawah inidengan menggunakan cara yang sudah dijelaskan sebelumnya. Bila tidak valid maka kemungkinan besar program tersebut berbahaya karena file-nya sudah mengalami perubahan.


Namun sayangnya tidak semua program memiliki digital signature sehingga sulit bagi anda untuk memastikan integritas sebuah file program. Anda harus yakin bahwa anda mendapatkan program ini dari sumber yang dapat dipercaya, bila tidak yakin jangan dijalankan.

Latar belakang berwarna merah dengan ikon shield berwarna merah



Bila dialog ini muncul maka programnya tidak akan bisa anda jalankan karena programnya telah diblok oleh administrator melalui Group Policy atau digital signature-nya berasal dari publisher yang sudah diblok oleh Windows.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar