Minggu, 14 Februari 2016

Seputar Error Dialog

Belum lama ini saya menerima email dari kawan yang menanyakan masalah komputer yang ia alami. Setiap kali dia login ke Windows selalu muncul error dialog. Dia ingin tahu program apa yang memunculkan error dialog itu dan bagaimana cara mengatasinya. Sebagai informasi tambahan ia juga melampirkan file gambar dialog itu (screenshot) satu layar desktop penuh!

Mungkin anda juga pernah melakukan ini baik pada saat mengirim email atau pada saat mengupload gambar screenshot ke forum internet. Ukuran file gambarnya memang tidak terlalu besar untuk ukuran koneksi internet sekarang ini. Namun alangkah baiknya bila anda meng-crop gambar itu sehingga hanya dialog itu saja yang tersisa karena ini akan memangkas ukuran file gambar menjadi kecil sehingga tidak banyak kuota yang terbuang percuma saat meng-upload file itu.

Tips: anda juga dapat menekan tombol Alt + PrtScr untuk mengkopi hanya jendela yang aktif.

Tapi akan jauh lebih baik lagi bila anda hanya menyalin teks isi dari dialog itu saja. Mungkin masih banyak orang yang tidak tahu bahwa pada umumnya dialog -dialog seperti error dialog bisa dikopi isinya dengan cara menekan Ctrl + C pada keyboard. Sebagai contoh, jalankan program Notepad, ketik apa saja di dalamnya, kemudian keluar dari program itu. Akan muncul dialog seperti di bawah ini.

Notepad dialog "Do you want to save changes to Untitled?"

Pada saat dialog itu aktif, tekan Ctrl + C untuk mengkopi isinya, kemudian klik Cancel untuk membatalkan perintah keluar. Pada jendela notepad, hapus yang anda ketik sebelumnya dan tekan Ctrl + V untuk mem-paste isi dialog yang anda kopi tadi. Dengan cara ini anda akan lebih menghemat kuota internet anda.

Notepad window

Kembali ke pertanyaan kawan saya yaitu bagaimana cara mengetahui program apa yang memunculkan error dialog. Process Explorer memiliki fitur Find Window's Process yang dapat anda gunakan untuk mencari tahu proses yang memiliki suatu jendela.


Klik tombol Find Window's Process (yang dikotaki merah) dan tanpa melepaskan tombol arahkan pointer mouse ke atas jendela yang anda inginkan (jendela Process Explorer akan di-minimize pada saat  anda mengklik sehingga anda dapat melihat jendela yang anda inginkan). Bila pointer mouse sudah berada di atas jendela tujuan, lepaskan tombol yang anda klik, jendela Process Explorer akan kembali muncul. Proses yang memiliki jendela itu adalah proses yang di-highlight oleh Process Explorer.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar