Rabu, 16 April 2014

Penyebab munculnya pesan Interactive Services Detection

Taskbar button Interactive Services DetectionMungkin anda pernah mengalami kejadian ini: Saat anda sedang bermain full-screen game, tiba-tiba window game tersebut minimize sendiri dan anda kembali ke desktop. Di taskbar, anda melihat ada taskbar button seperti gambar di samping—dalam beberapa kejadian, taskbar button ini hanya muncul sekejap.

Fenomena ini muncul karena Windows service yang bernama Interactive Services Detection (UI0Detect.exe). Banyak tips yang beredar di internet yang menganjurkan anda agar men-disable atau menonaktifkan service ini agar tidak mengganggu lagi. Walaupun solusi ini manjur, namun di balik itu, masalah yang sebenarnya tidak terobati karena cara ini hanya menghilangkan pesan Interactive Services Detection, padahal penyebab pesan ini muncul adalah karena adanya service yang mencoba untuk berinteraksi dengan user dengan menampilkan window atau dialog. Berikut adalah langkah-langkah untuk mencari tahu service penyebabnya:
  1. Klik Start menu dan ketik eventvwr di search box, kemudian tekan Enter.
  2. Pada kolom kiri, klik kanan Custom Views dan pilih Create Custom View...
  3. Dalam dialog Custom Views, pilih "By Source" dan dalam drop down box "Event sources"  di sampingnya, pilih Interactive Services detection.
  4. Klik OK, kemudian dalam dialog "Save Filter" ketik "Interactive Services Detection" dan klik OK.

Dialog Create Custom View

Setelah Custom View "Interactive Services Detection" dibuat, anda tinggal klik view tersebut di kolom kiri dari Event Viewer untuk melihat nama program service yang menyebabkan munculnya pesan dari service Interactive Services Detection. Anda bisa disable service yang bermasalah tersebut atau mencari update dari program tersebut karena program service yang berinteraksi dengan desktop sudah tidak kompatibel sejak Windows Vista.

Daftar Event dari Custom View Interactive Services Detection

Semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. TERIMA KASIH DAN INI SANGAT BERMANFAAT.....
    AKAN SAYABAGIKAN KE TEMEN" TEKNIKSI PEMULA (SAYA JUGA....EHEHEHEHE)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama bro...
      semua ahli juga awalnya seorang pemula :)

      Hapus